Macam Macam ID Card dan Karakteristiknya

  • Whatsapp

Keberadaan ID Card sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, sebagai tanda pengenal. Namun, barangkali ada yang belum mengetahui bahwa ID Card ada banyak macamnya dan mempunyai karakteristik yang spesifik. Artikel ini, akan mengulas macam macam ID Card yang perlu diketahui.

4 Macam ID Card dan Karakteristiknya

Berbagai macam ID Card yang kerap dijumpai yaitu ID Card standar, ID Card magnetik, ID Card proximity, serta kartu Mifare. Semuanya mempunyai kelebihannya tersendiri. Ulasan lengkap terkait setiap jenis ID Card, dapat disimak dengan baik pada uraian berikut:

1. ID Card Standar

Pada urutan pertama terkait macam macam ID Card, yakni ada ID Card standar. ID Card jenis ini merupakan yang paling sering ditemui dalam keseharian. Umumnya, jenis ini digunakan oleh anggota organisasi maupun mahasiswa.

ID Card standar, memuat komponen utama seperti foto, nama, serta jabatan. Jenis ini dinamakan ID Card standar karena di dalamnya tidak tertanam chip yang terintegrasi khusus dengan perangkat elektronik. Meskipun begitu, kartu ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Mudah dalam mendesain ID Card.
  • Biaya pembuatan ID Card standar pada umumnya murah atau terjangkau.
  • Apabila hilang, mudah dibuat kembali.

2. ID Card Magnetik

Selanjutnya, di urutan kedua perihal macam macam ID Card, ada ID Card magnetik. Perbedaan ID Card magnetik dengan ID Card standar yakni di dalam ID Card magnetik tersimpan komponen serupa chip. Komponen tersebut terintegrasi dengan sebuah perangkat elektronik yang didesain khusus.

Karakteristik dari ID Card ini adalah terdapat panel hitam di bagian belakang kartu. Panel itu berfungsi untuk mendeteksi data yang tersimpan di dalam kartu, misalnya nama pemilik kartu serta nomor kartu. Penggunaan kartu ini adalah dengan cara digesek.

ID Card magnetik memiliki beberapa kelebihan. Adapun kelebihan dari ID Card magnetik di antaranya:

  • Dapat difungsikan sebagai kartu akses.
  • Dapat digunakan sebagai kartu transaksi, baik debit maupun kredit.
  • Bisa digunakan sebagai kartu presensi.

3. ID Card Proximity

Jenis ID Card selanjutnya adalah ID Card proximity. Pada dasarnya, ID Card proximity hampir sama dengan ID Card magnetik. Kesamaan keduanya yaitu mempunyai chip yang terintegrasi dengan perangkat elektronik. Perbedaannya adalah pada cara penggunaannya.

Penggunaan ID Card proximity, dilakukan dengan ditempelkan pada bagian sensor perangkat elektronik. Selain itu, ID Card proximity juga memiliki karakteristik kartu yang lebih tebal daripada ID Card standar. Kelebihan yang dipunyai kartu jenis ini adalah sebagai berikut:

  • Mampu memuat data penting pemilik kartu dan mengamankannya di dalam chip.
  • Dapat berfungsi sebagai kartu akses dan presensi.

4. Kartu Mifare

Urutan terakhir dalam rangkaian macam macam ID Card adalah kartu Mifare. Penggunaan kartu ini, hampir mirip dengan penggunaan ID Card proximity, yaitu dengan cara ditempelkan pada sensor perangkat elektronik.

Sekilas, kartu ini mungkin tidak berbeda jauh dengan tiga jenis kartu sebelumnya. Akan tetapi jika diperhatikan lebih lanjut, kartu ini mempunyai karakteristik yang lebih tebal dan juga dilengkapi dengan chip.

Oleh karena itu, kartu ini tidak hanya berfungsi sebagai tanda pengenal, melainkan bisa juga untuk menyimpan informasi penting pemilik kartu. Kelebihan yang dimiliki kartu Mifare ada banyak. Kelebihan tersebut di antaranya:

  • Mampu menyimpan data penting berupa sidik jari pemilik.
  • Dapat difungsikan sebagai kartu presensi atau kartu akses.
  • Dapat difungsikan sebagai kartu tol.
  • Kemudian dapat difungsikan sebagai kartu parkir.
  • Serta dapat difungsikan sebagai kartu kredit.

Demikian ulasan tentang macam macam ID Card yang patut diketahui dan pahami. Setiap ID Card, memiliki kelebihan yang membuat pemiliknya lebih aman ketika menggunakan. Pengguna bisa memilih jenis terbaik apabila ingin membuat ID Card untuk organisasi atau perusahaan.

Sumber: Blogpress

Baca juga: ukuran id card

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.